ARTIKEL ILMU KOMUNIKASI

Ilmu Komunikasi Dalam Industri 4.0

Memasuki industri 4.0, saat ini banyak tenaga manusia telah tergantikan oleh tenaga mesin. Hal ini dipengaruhi karena kenaikan upah buruh yang terus meningkat setiap tahunnya. Banyak perusahaan memilih hengkang dari Indonesia, seperti Nissan, Sony, Pepsi, dan masih banyak lagi. Penyebab lain keluarnya perusahaan-perusahaan besar ini adalah kenaikan pajak yang dibebankan kepada pengusaha sehingga mereka lebih memilih negara lain yang mampu memberi insentif pajak kepada para pengusaha

Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia saat ini semakin tidak terbendung. Menurut BPS, pada tahun 2019 penduduk Indonesia bertambah 2,29 juta jiwa dan berjumlah 269,6 juta jiwa pada 2020. Angka ini diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin dengan jumlah penduduk pria sebanyak 135,3 juta jiwa, sedangkan wanita 134,27 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat berdampak pada sektor pekerjaan. Dilansir dari portal berita CNBC, pengangguran di Indonesia menjadi 7,05 juta jiwa.

            Kesiapan lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi dunia pekerjaan saat ini sangat berat. Banyaknya lulusan tidak sebanding dengan daya serap pekerjaan yang ada sehingga hal ini membuat banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia. Saat ini pekerjaan formal yang banyak menjadi incaran para pencari kerja. Industri saat ini seiring berubah menuju pengurangan tenaga manusia dikarenakan efisiensi pekerjaan. Ditambah dengan pesatnya internet hadir disekitar kita membuat masyarakat banyak bergantung pada sebuah teknologi ini.

Youtuber, blogger, vlogger, wartawan online, inilah sebuah pekerjaan yang populer pada masa pandemi ini. Dimana masyarakat banyak menghabiskan waktu untuk berlama-lama menatap gadget demi memuaskan kebutuhan diri akan informasi dengan berselancar di dunia maya. Kehadiran program studi Ilmu Komunikasi sebagai penjembatan atas dunia digital  menjadi sarana masyarakat untuk mengembangkan diri.

Kesiapan lulusan Ilmu Komunikasi menjadi hal terpenting dalam sebuah pekerjaan. Dalam pembelajaran, banyak diajarkan tentang kemandirian bekerja. Seperti mata kuliah periklanan, produksi studio, fotografi, public speaking, produksi penyiaran yang merupakan beberapa mata kuliah pokok yang diajarkan. Mata kuliah tersebut dipersiapkan telah dipersiapkan sehingga mahasiswa dapat menjadi seorang wirausaha. Lulusan Ilmu Komunikasi sangat banyak terserap dalam dunia digitalisasi seperti wartawan media berita online, fotografer, pembuat iklan, youtuber, penyiar, public relation officer, dan banyak lagi.

Universitas Selamat Sri Kendal, sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Kabupaten Kendal dengan 12 program studi salah satunya Ilmu Komunikasi. Didukung dengan pengajar & praktisi yang ahli dibidangnya siap menjembatani mahasiswa menjadi lulusan yang siap bersaing pada era 4.0 . Segera mendaftar ke UNISS Kendal, dan pilih Ilmu Komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *