Ilmu Hukum, S1

uniss header


SEKILAS TENTANG PRODI ILMU HUKUM


Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri (UNISS) bertujuan menghasilkan sarjana hukum yang profesional di bidang hukum dan memiliki integritas moral yang tinggi. Proses pembelajaran mahasiswa didampingi oleh para dosen yang bergelar minimal Magister dan dosen-dosen tamu bergelar Doktor dan Profesor  dengan metode perkuliahan Student Centered Learning. Proses pembelajaran didukung fasilitas pembelajaran yang memadai membuat mahasiswa nyaman dalam melakukan proses pembejaran.

Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri telah menetapkan visi untuk menjadi prodi ilmu hukum terkemuka di Indonesia yang mandiri, inovatif, dan adaptif, pelopor pendidikan hukum yang menghasilkan lulusan berorientasi sebagai yuris profesional serta memiliki kompetensi dan moralitas tinggi.

Untuk mencapai visi tersebut, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri menyadari bahwa pendidikan hukum bukan hanya masalah akademis, tetapi harus mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dalam praktek hukum. Oleh karena itu, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri memiliki kurikulum pendidikan hukum yang mengkombinasikan antara teori dan praktikum untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif tentang teori dan praktik hukum. Selain itu, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri akan secara berkesinambungan merespon tantangan globalisasi dengan memyiapkan mahasiswa dalam menghadapi tatanan hukum baru. Program Studi Ilmu Hukum Universitas Selamat Sri juga selalu berupaya melakukan pengembangan dan pembaharuan dalam pendidikan profesi hukum melalui berbagai pelatihan serta penelitian hukum yang dilakukan oleh para staf akademik.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan prodi Ilmu Hukum adalah Sarjana Hukum (SH.).


PROSPEK LULUSAN


Program studi Ilmu Hukum adalah Program studi dimana mahasiswanya akan mempelajari mata kuliah yang berpusat pada teori dan praktek hukum. Cakupan program studi ini cukup luas meliputi hukum pidana, hukum perdata, hukum tata Negara, hukum administrasi Negara, hukum ekonomi, hukum dan hak asasi manusia, hukum hak dan kekayaan intelektual, hukum pertanahan, hukum perdagangan, hukum perkawinan, hukum waris, hukum ketenagakerjaan, hukum internasional, hukum beracara di pengadilan, alternatif dispute resolution (ADR) dan lain sebagainya.

Adapun prospek lulusan program studi ilmu Hukum adalah sebagai berikut:

  1. Hakim
  2. Jaksa
  3. Panitera
  4. Polisi
  5. Advokat/ Pengacara/ Penasehat Hukum/ Konsultan Hukum
  6. Notaris
  7. Dosen
  8. Arbiter
  9. Mediator
  10. Birokrat Pemerintah maupun PNS
  11. Legal Drafter / Perancang Peraturan Perundang-undangan
  12. Legal Officer pada perusahaan swasta, BUMN dan BUMD
  13. Staf Legal atau karyawan di Perbankan maupun Perusahaan-perusahaan
  14. Staf HRD maupun personalia di Perusahaan
  15. Praktisi Media di Bidang Hukum
  16. Dan semua bidang lainnya yang berkaitan dengan Hukum

KURIKULUM


Data belum diunggah


DOSEN PRODI ILMU HUKUM


Nama Dosen Pendidikan
Sitta Saraya, MH. (S2 Universitas Diponegoro)
Riza Febriani, MH. (S2 Universitas Diponegoro)
Yusrina Handayani, MH. (S2 Universitas Sultan Agung)
Ubaedul Mustofa, M.Si. (S2 UIN Walisongo)
Muhammad Fauzi, M.Ed. (S2 Universitas Kebangsaan Malaysia)
Sutaat S., M.Si. (S2 UIN Walisongo)