BERITA UNISS

Mengenal UNISS Lebih Dekat

Gapura Masuk UNISSYayasan Wakaf Selamat Rahayu didirikan oleh Bapak H. Slamet Soemadyo pada  tanggal 27 Maret 1992, bertepatan dengan  tanggal  22 Ramadhan 1412 H. Sejak masa berdirinya Yayasan Wakaf Selamat Rahayu memiliki tujuan dalam bidang pendidikan yakni mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Wakaf Selmat Rahayu. Untuk itu dilaksanakanlah proses pendidikan sesuai konstitusi yaitu membentuk manusia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dengan harapan menjadi manusia berkualitas  prima yang dapat mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara secara tulus ikhlas dan penuh rasa bertanggung jawab. Tujuan secara institusional adalah untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah yang dapat hidup di tengah laju perkembangan  ilmu  pengetahuan dan teknologi.

Adapun dalam mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, Yayasan Wakaf Selamat Rahayu mengelola SMP dan SMA Pondok Modern Pesantren Selamat. Dalam perkembangannya, karena animo masyarakat terhadap lembaga pendidikan Selamat sangat tinggi, maka pada tahun 2012 Yayasan Wakaf Selamat Rahayu berinisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Selamat Sri (STIESS) yang terdiri  atas 2 (dua) program studi, yani Akuntansi (S1) dan Manajemen (S1).

Dengan adanya STIESS ternyata semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Yayasan Wakaf Selamat Rahayu dalam hal pendidikan tinggi. STIESS sebagai perguruan tinggi ilmu ekonomi di Kabupaten Kendal, berupaya memberikan pelayanan pendidikan tinggi berkualitas dengan biaya murah. Sehingga  memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi. Dengan berjalannya waktu, Yayasan Wakaf Selamat Rahayu melihat fenomena tersebut sebagai sebuah tantangan dalam mencapai tujuan utamanya dalam mencerdaskan masyarakat. Kemudian Yayasan Wakaf Selamat Rahayu dengan segala daya dan upayanya mengembangkan STIESS Kendal dengan mengajukan pendirian Universitas Selamat Sri (UNISS) kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dengan dikeluarkannya ijin pendirian Universitas oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 156/KPT/I/2016, maka Universitas Selamat Sri (UNISS) secara resmi berdiri. UNISS terdiri atas 5 (lima) fakultas dengan 10 (sepuluh) program studi, yakni :

Fakultas Teknik dan Rekayasa (FTR)

  1. Prodi Teknik Sipil, S1
  2. Prodi Teknik Arsitektur, S1
  3. Prodi Teknik Industri, S1
  4. Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, S1

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM)

  1. Prodi Teknik Informatika, S1
  2. Prodi Desain Komunikasi Visual, S1

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

  1. Prodi Ilmu Komunikasi, S1
  2. Prodi Ilmu Pemerintahan, S1

Fakultas Psikologi (FPsi)

  1. Prodi Psikologi, S1

Fakultas Hukum (FH)

  1. Prodi Ilmu Hukum, S1

Secara geografis Universitas Selamat Sri (UNISS) dikatakan strategis karena terletak di  kota Kendal, (sebuah kabupaten di sebelah barat kota Semarang) dan di jalur utama Semarang – Jakarta, sehingga mudah dan dekat diakses dengan alat transportasi darat. Adapun keberadaan Universitas Selamat Sri (UNISS) berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta Km 03, Kendal Jawa Tengah.

Dengan semboyan “SMART with MORALITY”, Universitas Selamat Sri (UNISS) senantiasa berupaya untuk menjadi universitas yang unggul dan terdepan mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi dengan tetap memelihara nilai-nilai moral bangsa dan negara. Sinergi antara Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai moral menjadi penekanan dalam proses perkuliahan maupun kehidupan kampus pada umumnya. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di UNISS harus menjadi insan yang berkompeten di bidang IPTEK namun tetap memiliki moralyang baik sehingga tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral sebagai warga negara yang baik.

UNISS hadir sebagai jawaban atas kegelisahan masyarakat atas mahalnya pendidikan tinggi. Dengan biaya pendidikan yang murah, UNISS memberikan kesempatan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengenyam perkuliahan dan meningkatkan kualitas SDMnya. Meskipun biaya perkuliahan murah, namun UNISS tetap mengedapankan kualitas pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari tenaga pendidikan yang berkompeten di bidangnya yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UNDIP, UNAIR, UGM, UNNES, UDINUS, dll. Selain itu, fasilitas sarana dan prasarana kampus juga sangat representatif, sehingga mendukung proses perkuliahan. Dengan demikian akan terlaksana sebuah kegiatan perkuliahan yang baik dan menghasillkan lulusan berkualitas dengan kompetensi lebih di bidangnya masing-masing.

Selamat bergabung dengan Universitas Selamat Sri (UNISS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *