PROFIL
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1
Selamat datang di Website Program Studi S1 Ilmu Komunikasi.
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Selamat Sri yang berlokasi di Kendal – Jawa Tengah. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi mendapatkan izin penyelenggaraan program studi dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui SK Nomor 156/KPT/I/2016 tanggal 14 April 2016 bersama dengan Izin Pendirian Universtas Selamat Sri. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi telah terakreditasi Baik sesuai SK BAN PT nomor: 9301/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/XI/2022 tanggal 8 November 2022.
VISI, MISI DAN TUJUAN
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1
VISI
” Menjadi Insan Komunikasi yang beradab dan profesional “
MISI
- Terselenggaranya pendidikan yang berbasis pada keilmuan komunikasi dengan instrumen kurikulum yang adaptif, kreatif, dan Inovatif.
- Menyelenggarakan penelitian dan publikasi dalam bidang ilmu komunikasi.
- Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai bentuk penerapan keilmuan dalam bidang public relations, industri media kreatif, marketing communication dan broadcasting.
- Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan berbagai pihak untuk penguatan jejaring akademik di bidang public relations, industri media kreatif, marketing communication dan broadcasting.
TUJUAN
- Terselenggaranya pendidikan yang berbasis pada keilmuan komunikasi dengan instrumen kurikulum yang adaptif, kreatif dan inovatif.
- Menyelenggarkan penelitian dan publikasi dalam bidang ilmu komunikasi dan dapat menjadi landasan dasar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang public relations, industri media kreatif, marketing communication dan broadcasting.
- Menghasilkan penerapan ilmu komunikasi bidang public relations, industri media kreatif, marketing communication dan broadcasting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
- Terjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan berbagai pihak untuk penguatan jejaring akademik yang dapat mendukung peningkatan potensi mahasiswa di bidang public relations, industri media kreatif, marketing communication dan broadcasting.
AKREDITASI
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1

BERITA
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1
STAFF PENGAJAR
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1
Nama | Jabatan |
Rizky Rahmanda Irawan, S.I.Kom., M.I.Kom. | Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Ahmad Anif Syaifudin, S.Kom.I., M.I.Kom. | Kaprodi Ilmu Komunikasi |
Arianto, S.Sos., M.I.Kom. | Sekprodi Ilmu Ilmu Komunikasi |
Miandhani Denniz Yuniar, S.I.Kom., M.I.Kom. | Dosen Tetap Ilmu Komunikasi |
Siti Rohmah, S.Sos., M.Sos. | Dosen Tetap Ilmu Komunikasi |
Meli Firdausi Nazila, S.Sos., M.A. | Dosen Tetap Ilmu Komunikasi |
Rosy Febriani Daud, S.I,Kom., M.I.Kom. | Dosen Tetap Ilmu Komunikasi |
Novia Sri Falinda, S.Sos., M.I.Kom. | Dosen Tetap Ilmu Komunikasi |
KURIKULUM
Program Studi Ilmu Komunikasi – S1
No. | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
1 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 |
2 | BAHASA INDONESIA | 2 |
3 | BAHASA INGGRIS 1 | 2 |
4 | AZAS-AZAS MANAJEMEN | 3 |
5 | PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI | 2 |
6 | SISTEM HUKUM INDONESIA | 2 |
7 | DASAR-DASAR JURNALISTIK | 3 |
8 | PENGANTAR ILMU POLITIK | 3 |
9 | PENGANTAR SOSIOLOGI | 2 |
10 | PENGANTAR AGAMA ISLAM | 2 |
11 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 |
12 | BAHASA INGGRIS 2 | 2 |
13 | TEORI KOMUNIKASI | 3 |
14 | DASAR-DASAR PENYIARAN | 3 |
15 | PENGANTAR ILMU EKONOMI | 3 |
16 | KOMUNIKASI INTERPERSONAL | 3 |
17 | SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA | 2 |
18 | SISTEM POLITIK INDONESIA | 3 |
19 | MEDIA LITERASI | 2 |
20 | ETIKA PROFESI | 2 |
21 | PSIKOLOGI KOMUNIKASI | 3 |
22 | KOMUNIKASI BISNIS | 2 |
23 | PENGANTAR KOMUNIKASI PEMASARAN | 3 |
24 | KOMUNIKASI MASSA | 3 |
25 | KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA | 3 |
26 | KOMUNIKASI POLITIK | 3 |
27 | PERIKLANAN | 2 |
28 | MANAJEMEN PERUSAHAAN MEDIA | 3 |
29 | PENDIDIKAN BUDI PEKERTI | 2 |
30 | METODOLOGI KUANTITATIF | 3 |
31 | STRATEGI DAN TAKTIK PUBLIC RELATIONS | 3 |
32 | PUBLIC SPEAKING | 3 |
33 | KEWIRAUSAHAAN | 2 |
34 | KKL ( KULIAH KERJA LAPANGAN) | 2 |
35 | METODOLOGI KUALITATIF | 3 |
36 | KOMUNIKASI KELOMPOK DAN ORGANISASI | 3 |
37 | FOTOGRAFI | 3 |
38 | PENULISAN DAN TEKNIK PENYAJIAN | 2 |
39 | PRODUKSI SIARAN RADIO | 2 |
40 | DIGITAL PR DAN MARCOMM | 3 |
41 | MANAJEMEN PEMASARAN SOSIAL | 3 |
42 | PRODUKSI MEDIA CETAK | 3 |
43 | CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY | 3 |
44 | RISET KOMUNIKASI STRATEGIS | 3 |
45 | E COMMERCE | 3 |
46 | OPINI PUBLIK | 3 |
47 | MEDIA DAN KAJIAN BUDAYA | 3 |
48 | PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) | 2 |
49 | RISET MEDIA | 3 |
50 | PERILAKU KONSUMEN | 3 |
51 | LOBI DAN NEGOSIASI | 3 |
52 | PRODUKSI STUDIO | 3 |
53 | KULIAH KERJA NYATA | 4 |
54 | SKRIPSI | 6 |