ARTIKEL MANAJEMEN

PROGRAM STUDI MANAJEMEN KOMITMEN MEMPERSIAPKAN SDM UNGGUL UNTUK INDONESIA MAJU.

PEMBUKAAN

Perkembangan suatu negara tidak lepas dari peran unsur yang ada di dalamnya meliputi berbagai bidang diantaranya ekonomi, industri, pendidikan, dan sebagainya. Salah satu bidang diantaranya adalah pendidikan yang menjadi dasar untuk perkembangan bidang lainnya. Bidang pendidikan tersebut yang mencakup pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Universitas Selamat Sri (UNISS) yang berada di bawah Yayasan Wakaf Selamat Rahayu (YWSR) merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan negara Indonesia. UNISS memiliki 6 Fakultas dan 12 program studi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) merupakan salah satu fakutas yang ada di UNISS. Program studi S1 Manajemen merupakan bagian dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai pengelolaan suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen adalah ilmu dan juga seni yang yang berisi aktivitas perencanaan, pengorganisasian, membangun kerjasama dengan anggota organisai untuk mencapai tujuan bersama dari suatu organisasi. Termasuk dalam kajian bidang bisnis dan ekonomi secara umum akan tetapi lebih fokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Program studi manajemen sangat dibutuhkan hampir di setiap perusahaan dan pada berbagai bidang perusahaan mulai dari instansi pemerintah dan swasta.

ISI

Program studi manajemen merupakan salah satu program studi favorit di UNISS karena mendominasi jumlah mahasiswa di UNISS. Lulusan manajemen diminati karena dijamin mempunyai prospek kerja yang tidak terbatas. Karena tidak ada bidang pekerjaan yang yang tidak membutuhkan manajemen. Untuk mempersiapkan pribadi yang berkarakter, mahasiswa dibekali dengan kegiatan peningkatan kompetensi melalui kegiatan Leadership Training. Agar mahasiswa memliki jiwa kepemimpinan dan dapat bekerja secara mandiri maupun kerjasama tim.

Kegiatan Leadership Training

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)

Di dalam Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Universitas Selamat Sri (UNISS) memiliki cabang peminatan dengan konsentrasi yang lebih spesifik. Konsentrasi yang ada meliputi :

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Keuangan

Untuk mahasiswa/calon mahasiswa program studi manajemen yang masih bingung nantinya akan memilih konsentrasi mana yang cocok dengan minat dan passion. Berikut penjelasan tentang konsentrasi program studi manajemen.

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen sumber daya manusia menitikberatkan pada pemahaman seputar sumber daya manusia sebagai aset aktif perusahaan, pengelolaan, dan pemanfaatan melalui teknik analisis fisik serta psikologis agar dapat memberikan dorongan yang produktif. Manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk mengontrol kondisi internal dan kredibilitas perusahaan. Sebagai gambaran, mata kuliah yang terdapat dalam konsentrasi manajemen sumber daya manusia adalah : Perencanaan tenaga kerja, Manajemen penelitian dan pengembangan SDM, Seminar manajemen SDM.

  • Manajemen Pemasaran

Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional. Pilihan konsentrasi ini sangat tepat untuk mengembangkan diri dari sisi kreatifitas dan mengikuti tren saat ini. karena selain mampu memahami konsep, sebagai pemasar yang baik juga dapat mengimplementasikan sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian dan minat konsumen. Sebagai gambaran, mata kuliah yang terdapat dalam konsentrasi manajemen pemasaran adalah : Perilaku konsumen, Riset pemasaran, Seminar manajemen pemasaran.

  • Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah konsentrasi program studi manajemen yang memiliki fokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian (funding), pemanfaatan (using), sampai pengontrolan dana (controlling). Dalam konsentrasi ini akan lebih dalam mempelajari analisis strategi dan operasi yang dapat mengoptimalkan kinerja keuangan perusahaan, termasuk keputusan investasi dan akuisisi. Sebagai gambaran, mata kuliah yang terdapat dalam konsentrasi manajemen keuangan adalah : Analisa laporan keuangan, Manajemen perbankan syariah, Seminar manajemen keuangan.

Selain itu program studi manajemen tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga praktek yang diterapkan dalam program internship atau magang. Dalam hal ini melalui kegiatan Kuliah Kerja Praktik (KKP) yang dilaksanakan di perusahaan, badan usaha baik swasta maupun pemerintah. Serta kegiatan kunjungan industri dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kunjungan ke Terminal Teluk Lamong Surabaya

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kunjungan ke Industri batik Arjuna Bali

Melalui kurikulum program yang inovatif dan kreatif, kurikulum dirancang untuk melatih mahasiswa menjadi profesional bisnis yang memiliki ketajaman analisis terhadap setiap masalah yang dihadapi tanpa meninggalkan nilai-nilai moral dan etika dunia bisnis serta peka terhadap perubahan teknologi.

PENUTUP

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa program studi manajemen banyak diminati, dikarenakan program studi manajemen memiliki prospek kerja yang tidak terbatas. Ilmu manajemen sangat dibutuhkan hampir di setiap perusahaan pada berbagai bidang perusahaan mulai dari instansi pemerintah hingga sektor swasta. Perkembangan dan pertumbuhan negara Indonesia tidak lepas dari peran pelaku usaha dalam bidang ekonomi baik swasta maupun BUMN, serta instansi pemerintah. Maka dari itu melalui Program studi manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Selamat Sri di bawah Yayasan Wakaf Selamat Rahayu komitmen untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan Indonesia melalui bidang pendidikan. Pendidikan adalah dasar dari peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang membentuk karakter dan integritas. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan intangible assset yang sangat krusial dalam perubahan suatu negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.