PENARIKAN DAN PEMBEKALAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNIVERSITAS SELAMAT SRI TAHUN 2023

Oleh : Sherli Junianingrum, S.E., M.M.

Pembekalan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Selamat Sri Tahun

Penarikan dan Pembekalan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Selamat Sri Tahun 2023 yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Pengembangan, LPM, LPPM, Duta Kampus Merdeka, Koordinator MBKM, Dekan Fakultas, Ketua Prorgram Studi, dan Seluruh Mahasiswa yang lolos Program Kampus Mengajar 5, MSIB 4, Kampus Mengajar 6, dan PMM3.

Penarikan dan Pembekalan MBKM dibuka dan diarahkan langsung oleh Rektor Universitas Selamat Sri, Bapak Nurkholik, S.E., M.Si. dan di fasilitatori oleh Sekertaris LPM, Ibu Sherli Junianingrum, S.E., M.M.

Acara ini diadakan pada tanggal 28 Juli 2023 di Auditorium Mini UNISS. Tujuan acara ini diadakan adalah untuk Penarikan Program Kampus Mengajar 5 dan MSIB Batch 4. Total mahasiswa yang ditarik yaitu 23 orang. Mahasiswa yang telah menyelesaikan program Kampus Mengajar 5 yaitu 21 orang, dan 2 orang untuk penarikan mahasiswa MSIB Batch 4, Penarikan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena telah mengikuti program MBKM dengan baik. Sertifikat diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan program MBKM baik Kampus Mengajar 5 maupun MSIB.

Penyerahan Sertifikat Program Kampus Mengajar

Dalam acara penarikan tersebut, mahasiswa menceritakan pesan dan kesannya mengikuti program MBKM yang diadakan oleh Kemendikbudristek. Mahasiswa Kampus Mengajar 5 menceritakan banyak pengalaman yang mereka dapat dalam melaksanakan porgram. Suka dan Duka mereka lewati selama kurang lebih 4 bulan dalam menjalani program KM5. Suka yang mereka peroleh yaitu mereka memperoleh pengalaman yang sangat banyak seperti belajar berkomunikasi, belajar kreatif, mengasah ketrampilan, kepemimpinan dan empati sosial. Setelah program selesai, mereka menyadari bahwa mereka merasakan adanya peningkatan dalam berfikir kritis, memecahkan masalah, jiwa kepemimpinan dan komunikasi. Mahasiswa KM 5 berharap kedepannya UNISS mampu untuk mengirimkan mahasiswa lebih banyak untuk mengikuti program KM 5 karena kebermanfaatan yang luar biasa.

Penarikan yang kedua yaitu penarikan program MSIB Batch 4. Berbeda dengan kampus mengajar yang terjun di lingkungan sosial, MSIB fokus pada perusahaan dan studi independen yang bekerjasama dengan mitra. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan program menceritakan bahwa program MSIB ini merupakan program yang memberikan manfaat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa sehingga meningkatkan kesiapan dan keterserapan di dunia kerja dan dunia usaha. Mahasiswa yang lolos program Magang mempunyai kesempatan untuk mendapatkan golden ticket yang mempunyai manfaat untuk dapat bekerja langsung pada perusahaan tersebut setelah lulus kuliah. Sedangkan Mahasiswa yang lolos Studi Independen diberikan Sertifikat Internasional yang diberikan oleh Kemendikbudristek. Mahasiswa MSIB 5 berhadap kedepannya banyak mahasiswa UNISS yang lebih tertarik untuk mendaftar program MSIB karena manfaat nya yang luar biasa.

Pembekalan pada acara ini ditujukan untuk mahasiswa yang lolos KM 6 dan PMM 3. Total mahasiswa yang dibekali yaitu 19 orang untuk KM 6 dan 11 orang untuk PMM 3. Selain itu, pembekalan ini mengundang Dosen yang lolos menjadi Dosen Pembimbing Lapangan untuk Kampus Mengajar 6. Sejumlah 5 dosen telah lolos menjadi DPL untuk wilayah Kendal dan Batang. DPL ini memiliki peran membantu dan memonitor mahasiswa yang lolos program Kampus Mengajar di SDN maupun SMPN yang telah ditunjuk oleh Kementrian.

Materi pembekalan diberikan oleh 3 pemateri, Bapak Rizki Ridhasyah, S.Ak., M.Ak., Ak. selaku Koordinator Perguruan Tinggi untuk Program Kampus Mengaja. Beliau memberikan pembekalan mengenai pembiayaan yang akan diberikan oleh Kementrian dan peraturan yang harus ditaati oleh mahasiswa dalam melaksanakan program. Materi kedua yaitu Ibu Sherli Junianingrum, S.E., M.M. selaku Koordinator Perguruan Tinggi untuk Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Beliau memberikan pembekalan mengenai peraturan dari kementrian untuk mahasiswa dan bagaimana tata cara keberangkatan. Materi Ketiga yaitu Pembekalan Tawadhu oleh Ibu Atik Dina Nasikhah S.Sos., M.Ag. yang memberikan pengetahuan dan tata cara mahasiswa untuk melakukan budaya tawadhu dimanapun mereka berada. Ketiga pemateri berpesan kepada mahasiswa untuk tetap membawa nama baik Universitas Selamat Sri dan untuk tetap bertawadhu kepada siapapun.

Aacara ini diadakan dari pukul 08:00 – 11:30, Rektor Universitas Selamat Sri, Bapak Nurkholik, S.E., M.Si. menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi mahasiswa yang lolos program MBKM.Rektor Universitas Selamat Sri berharap program-program yang diberikan pemerintah dapat memberikan kebermanfaatan. Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Ibu Neli Hajar, S.Sos.I., M.M. juga menambahkan bahwa dengan adanya mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus dapat mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) yang akan menjadi landasan transformasi Pendidikan Tinggi.

DPL Kampus Mengajar
Magang dan Studi Independen Bersertifikat
Kampus Mengajar Batch 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *